Artikel
Peningktan kemampuan membaca fisik melalui model Kooperatif Group Investigation pada siswa kelas IX-H MTs Negeri 1 Tuban
Penelitian ini bertujuan untuk [1] untuk mengetahui kualitas proses dan hasil pembelajaran kooperatif model Group Investigation terhadap kemampuan membaca teks fiksi siswa kelas IX H MTs Negeri 1 Tuban. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs Negeri 1 Tuban dengan subjek siswa kelas IX H yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan siswa maupun kemampuan memahami teks fiksi siswa. Peningkatan keaktifan proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa pada siklus I dengan nilai rerata sebesar 85,62 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 92,50 dibanding dengan nilai rata-rata sebelum siklus 66,37. Peningkatan kemampuan membaca teks fiksi ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu nilai rerata pada siklus I sebesar 63,1 dan nilai rerata pada siklus II Sebesar 73,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif group investigation efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca
teks fiksi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain