Artikel
Analisis kesiapan Guru pendidikan agam Kristen melaksanakan pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Pendidikan Agama Kristen peserta PPG tahun 2020 dan pembelajaran online pada masa Covid-19. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan metode penelitian campuran, yaitu penggabungan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis indikator pertama yang mendeskripsikan kesiapan sarana prasarana yang dimiliki oleh guru. Untuk indikator kesiapan guru dalam pembelajaran dan indikator melaksanakan pembelajaran online dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan model Aydin dan Tasci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 186 orang responden utama, hanya 128 orang yang melaksanakan pembelajaran online dan memiliki sarana-prasarana pendukung. Sedangkan indikator kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran berada pada skala 4,03 dengan kategori siap dan membutuhkan peningkatan. Sedangkan untuk indikator kesiapan guru ada pada skala 4,02 dengan kategori siap dan membutuhkan peningkatan. Pengalaman guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengikuti perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan secara online di IAKN Ambon menjadi salah satu faktor pendukung kesiapan guru Pendidikan Agama Kristen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain