Artikel
Pendampingan kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKG MI Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya penerapan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo. Dengan penilaian autentik, guru dapat melihat kemajuan belajar peserta didik dan tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Instrumen penilaian autentik yang dapat digunakan berupa tes, rubrik pengamatan, penilaian diri, penilaian sejawat, praktik dan lainnya. Masalah penelitian ini adalah: [1] Apakah pendampingan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo Kab. Malang ? dan [2] Bagaimana pendampingan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo Kab. Malang ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo Kab. Malang melalui
pendampingan kelompok kecil. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan pendampingan kelompok kecil yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dapat disimpulkan:pendampingan kelompok kecil memberikan efek pada peningkatan kemampuan Guru MI di daerah sasaran KKGMI Kecamatan Poncokusumo dalam menerapkan penilaian autentik dengan perbandingan nilai observasi dokumen penerapan penilaian autentik pada RPP, nilai rata-rata Kondisi Awal 63.5, Siklus I 71.5 dan Siklus II 76.5.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain