Artikel
Penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah di Nganjuk
Saat ini, teknologi menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Hal ini juga mempengaruhi dunia pendidikan. Para guru harus terus mengembangkan kemampuannya dalam penggunaan teknologi untuk memperbaiki kualitas pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban seberapa banyak guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah se Kabupaten Nganjuk telah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengajarannya, persepsi guru, dan permasalahan yang mereka hadapi. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru-guru bahasa Inggris tingkat MA se-kabupaten Nganjuk. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari guru bahasa Inggris yang mengikuti MGMP; sebuah organisasi guru bahasa Inggris untuk pengembangan profesional guru bahasa Inggris Madrasah Aliyah di Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan survei. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, sementara analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar guru bahasa Inggris telah menggunakan TIK dalam pengajarannya meskipun mereka tidak menggunakannya secara optimal karena beberapa masalah. Data menunjukkan bahwa 43% peserta telah menggunakan TIK, sedangkan 39% diantaranya hanya kadang-kadang menggunakan TIK, sementara, 18% dari mereka tidak menggunakannya. Temuan selanjutnya adalah tentang persepsi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi yang baik tentang penggunaan TIK, 73% peserta setuju bahwa penggunaan TIK dapat membuat siswa lebih aktif di dalam kelas. Masalah umum yang mereka hadapi adalah kurangnya fasilitas dan akses, serta kurangnya kompetensi dalam menggunakan teknologi. Disarankan agar pembuat kebijakan di sekolah mengevaluasi kebijakan penggunaan TIK di sekolah mereka. Organisasi guru Bahasa Inggris atau MGMP seharusnya dapat dimaksimalkan agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT untuk kegiatan pembelajaran
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain