Artikel
Membuat LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Arab Tingkat Sekolah Menengah Atas (Penelitian Pengembangan (R&D) di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Untuk Siswa Kelas XI Tingkat Menengah Atas di MAN Lamongan, (2) Mengetahui efektifitas LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Untuk Siswa Kelas XI Tingkat Menengah Atas di MAN Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Metodologi yang digunakan adalah (1) pengembangan dan analisis, (2) metode eksperimen melalui pre test dan post test.Sumber data penelitian adalah (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester ganjil dan genap yang digunakan di MAN Lamongan, (2) Pakar pembelajaran bahasa Arab, (3) Guru bahasa Arab MAN Lamongan, (4) Siswa kelas sebelas MAN Lamongan, dan (5) Dokumen. Penelitian ini difokuskan pada masalah: “Bagaimana bentuk LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas semester ganjil dan genap dengan menggunakan kurikulum 2013 di MAN Lamongan, kemudian penelitian ini juga mengungkapkan sejauh mana efektifitas LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah yang telah dikemabangkan dimaksud dalam meningkatkan hasil belajar siswa MAN Lamongan.
Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagai berikut : (1) LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas semester ganjil dan genap dengan menggunakan kurikulum 2013 di MAN Lamongan hasil pengembangan secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, (2) LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas semester ganjil dan genap kurikulum 2013 hasil pengembangan setelah diterapkan menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas sebelas semester ganjil dan genap di MAN Lamongan, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu pada semester ganjil terdapat peningkatan 6,95 % dari prosentase nilai pretest 66,55% menjadi 85,31% di nilai posttest. Begitu juga disemester genap juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan 7,55 % dari prosentase nilai pretest 67% menjadi 81,44% di nilai posttest.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain