Artikel
Best Practice Implementasi Kurikulum pada Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya
Sekolah alam merupakan kritik terhadap pelaksanaan sekolah biasa melalui best practice yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Di antara sekolah alam tersebut ada yang mendasarkan pada nilai-nilai agama atau bernuansa agama. Perkembangan mutakhir model pengelolaan sekolah alam ini masih belum banyak dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum pada sekolah alam. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik studi kasus yang dilakukan pada Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum SAIM terintegrasi dengan alam yang meliputi: alam secara fisik, alam keseharian (contextual learning), dan alam psikologi. Implementasi kurikulum SAIM pada dasarnya merujuk kurikulum nasional tetapi dilakukan dengan pembelajaran yang menyenangkan. Implementasi kurikulum pada PG/TK menekankan pada belajar melalui bermain; sementara kurikulum SD menerapkan pola integrated learning, joyfull learning dan cooperative learning; kurikulum SMP menggunakan kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum internasional (cambridge checkpoint dan geographic
learning); kurikulum SMA mengikuti kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum berwawasan internasional yang dirancang untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain