Artikel
Implementasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di MTs Negeri Kota Pasuruan
This study aims to determine how the policy and its implementation as well as the supporting and inhibiting factors of the implementation of the madrasah prinsipal’s of policy in improving education services at State MTs of Pasuruan City. Researchers focused on the madrasah prinsipal’s of policy inimproving education services. This research is qualitative research. Data collected using in-depth interviews, observation and documentation studies. After the data is collected, its validity is checked again through validation standards, namely trust, transferability, dependence, and firmness. The dataanalysis technique used is data reduction, presenting data and giving conclusions from the researchresults. The findings of this study are 1] The Education Service Policy carried out by madrasah toimprove madrasah performance is quite good; 2] Implementation of the head master of MadrasahPolicy through coordination and evaluation, the Madrasah Head can see the condition immediately all problems or plans that are running in the madrasah; 3] Supporting factors form madrasah is vice headmaster have a high spirit of cooperation, with dedication and loyalty in serving students according to their respective functions and responsibilities, Awareness of personnel in carrying out their respectiveduties, functions and obligations can be carried out properly, Adequate facilities and infrastructure.While the inhibiting factors are 1] Facilities and infrastructure are not sufficient to facilitate the needsof teachers and administrative employees; 2] reduced support from teachers and administrative personnelfor the acceleration of the madrasah program; 3] There are some teachers who are still late and leavethe hours empty when the learning process takes place; and 4] Some students who are not seriousabout taking extracurricular classes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan implementasinya serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatan pelayanan pendidikan di MTsNegeri Kota Pasuruan. Peneliti fokus pada kebijakan kepala madrasah dalam peningkatan pelayananpendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakanwawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diperiksakembali keabsahannya melalui standart validasi, yaitu kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan ketegasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan memberi kesimpulan dari hasil penelitian. Temuan hasil penelitian ini adalah 1] kebijakan pelayanan pendidikan yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kinerja madrasah cukup baik; 2] Implementasi Kebijakan kepala madrasah melalui koordinasi maupun evaluasi dilakukan dengan cara melihat secara langsung kondisi segala permasalahan ataupun rencana yang berjalan di madrasah; 3] Faktor pendukung dari madrasah adalah Wakil Kepala Madrasah mempunyai semangat kerjasama yang tinggi, dengan dedikasidan loyalitas dalam pelayanan terhadap siswa sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing, Kesadaran personil dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajiban masing-masing dapatdikerjakan dengan baik; 4] Sarana dan Prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatny aadalah 1] Sarana dan prasarana kurang memenuhi untuk memfasilitasi kebutuhan guru dan karyawan Tata Usaha; 2] berkurangnya dukungan dari guru dan tenaga Tata Usaha untuk percepatan program madrasah; 3] Ada beberapa guru yang masih telat dan membiarkan jam kosong ketika proses pembelajaran berlangsung; dan 4] Beberapa siswa yang tid ak bersungguh -sungguh dalam mengikuti kelas ekstrakulikuler.
17/01/2023-10 | J 370.5 Ino | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain