Artikel
The relation between project based learning and speaking skill in english class for senior high school students
Nowadays, students are taught to achieve the skills that will help them to survive in the 21st century.The important skills that students should master to face the 21st century are critical thinking, problem-solving, communication, and collaboration. One of the models that can be used to prepare the students to face it is Project-based learning. While for teaching English, this model can be used especially for productive skills such as writing and speaking. In project-based learning, students work in groups tofinish the project, while in improving speaking skill, students will also learn better when they practicein a group because students will speak better when they enjoy the activity. As both Project-based learning and speaking ability are applied better in the group, that is why it is important to correlate between project-based learning and students’ speaking ability. This research aims to answer the research question of whether there is the relationship between Project-based learning and Students’ speaking ability. Therefore, correlational research is used. The sample used in this research is the students ofthe eleventh science 1 grade, that consists of 36 students. The instruments to collect the data are aquestionnaire to know the grade of Project-based learning and a speaking test to know the students’speaking ability. This research shows that the Pearson correlation value between Project-based learning and speaking skill is 0,107, which means there is a very weak correlation between project-based learning and speaking skills. In addition, the result also means that there is no statistically significance value between project-based learning and speaking skills as the significance value is 0,534 which is biggerthan 0,05 (0,534 > 0,05).
Saat ini, siswa diajarkan untuk mencapai keterampilan yang akan membantu mereka bertahan hidup diabad ke-21. Keterampilan penting yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi abad 21 adalah berpikirkritis, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Salah satu model yang dapat digunakan untukmempersiapkan siswa menghadapi hal tersebut adalah pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan untukpengajaran bahasa Inggris, model ini dapat digunakan khususnya untuk keterampilan produktif sepertimenulis dan berbicara. Dalam pembelajaran berbasis proyek siswa bekerja dalam kelompok untukmenyelesaikan proyek, sedangkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara, siswa juga akan belajarlebih baik jika berlatih dalam kelompok karena siswa akan berbicara lebih baik jika menikmati kegiatantersebut. Karena pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berbicara diterapkan lebih baik dalamkelompok, itulah mengapa penting untuk menghubungkan antara pembelajaran berbasis proyek dankemampuan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitianapakah ada hubungan antara pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berbicara siswa. Oleh karenaitu, digunakan penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIPA 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah angket untuk mengetahuinilai pembelajaran berbasis proyek dan tes berbicara untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa.Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi Pearson antara pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan berbicara adalah sebesar 0,107 yang berarti terdapat hubungan yang sangat lemah antarapembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan berbicara. Selain itu, hasil tersebut juga berarti bahwatidak ada nilai signifikansi statistik antara pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan Berbicara karenanilai signifikansinya adalah 0,534 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,534 > 0,05).
17/02/2023-20 | J 370..5 Ino | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain