Artikel
Membangun wacana keilmuan dan keislaman dalam perguruan tinggi Islam :
Pendidikan Islam dewasa ini senantiasa kewalahan menghadapi tuntutan masyarakat yang makin menyempit fungsinya ke arah melayani tenaga kerja. Padahal pendidikan Islam memerlukan dimensi:intelektual, kultural, nilai-nilai transendental, ketrampilan fisik dan pembinaan kepribadian. Karakter dasar pemikiran Islam tentang pendidikan cenderung bersifat organik, sistematik dan fungsional dengan akar paradigma mengacu pada Qur'an dan Hadis serta sejarah Rasul. Pendidikan Islam bukan hanya persoalan di dalam kelas, tetapi juga menjadi dakwah Islam dan pembangunan sistem kehidupan umat sbg peradaban Islam. Sistem pendidikan yang dichotomik menyebabkan lahirnya pendidikan yang sekularistik, rationalistik, empiristik dan matrialistik dan tidak mendukung lahirnya peradaban Islam. Islam,ilmu dan filsafat merupakan kesatuan yang membawa kejayaan Islam di masa lampau. Kebangkitan Islam berusaha melakukan Islamisasi ilmu pengetahuan sbg upaya meninggalkan dichotomi agar Islam
filsafat terintegrasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain