Artikel
Penerapan contextual teaching and learning [CTL] dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah :
CTL adalah suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran kontekstual bertujuan membekali siswa dengan pengetahuan yang secara fleksibel dapat diterapkan dari satu konteks lainnya. Pendekatan CTL memiliki 7 prinsip dasar yaitu: menemukan, konstruktivisme, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian autentik. Pembelajaran yang berfokus pada siswa ini memiliki ciri adanya kerjasama, gembira, belajar dengan bergairah, menggunakan berbagai sumber, siswa aktif dan kreatif, dekat dengan kehidupan nyata dan merupakan pembelajaran yang menyenangkan. CTL dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI dan terbukti menjadikan siswa senang dan semakin paham terhadap pelajaran tersebut.het.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain