Artikel
Guru profesional untuk mewujudkan sekolah yang baik :
Supervisi kelompok muncul sebagai reaksi terhadap kelemahan-kelemahan supervise individual ini terutama pada kekurangmampuan dalam menyelesaikansuatu masalah yang dihadapi oleh guru. Masalah-masalah tersebut hanya diselesaikan berdasarkan pandangan supervisor dan guru bersangkutan. Padahal supervisor dan guru itu pada umumnya ahli pada bidang tertentu saja. Sementara itu masalah yang dihadapi sangat mungkin berkaitan dengan banyak bidang, yang tidak biasa diamati semuanya oleh supervisor dan guru tersebut. Inilah yang menyebabkan penyelesaian itu menjdi dangkal. Kelemahan lain adalah berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Penyelesaian masalah individual sudah jelas memakan biaya yang lebih banyak dari pada masalah kelompok. Sebab supervise individual jauh lebih sering daripada memakai supervisi kelompok pada sekolah yang sama dengan permasalahan yang sama. Reaksi terhadap supervise individual itu sejalan dengan munculnya perhatian para ahli akan pentingnya kerjasama kelompok...yo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain