Artikel
Pekerjaan Rumah [PR] dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan belajar matematika siswa kelas VI SDN Dadap III :
Pekerjaan Rumah [PR] adalah salah satu bentuk metode mengajar yang berguna untuk mengatasi kelemahan metode-metode lain [seperti ceramah] dalam hal pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran. Metode ini tampaknya sangat efektif guna mendorong para siswa belajar dil luar jam sekolah, baik perorangan maupun kelompok, sebab secara terpaksa atau pun tidak, mereka berkewajiban melaksanakannya. Jika tidak, mereka akan mendapat hukuman ataupun nilai yang rendah. Efektifitas metode ini pernah dibuktikan di Singapura pada tahun 1993 sehingga membuat negara tersebut menjadi nomor satu di dunia untuk bidang matematika dan IPA [science]. Tak luput di Indonesia hal ini banyak diteliti, salah satu diantaranya adalah di SDN Dadap III [2003/2004], Kecamatan Kosambi, Kabupaten tangerangdan hasilnya adalah bahwa PR dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa, yaitu dari nilai pretest 3.185 dan nilai PR 5.005 mampu mendongkrak nilai posttest sebesar 3.815. Jadi terdapat peningkatan 19.7 persen.yo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain