Artikel
Menggagas pembelajaran lintas disipliner :
Dikotomi antara disiplin ilmu sosial, ilmu alam, dan ilmu humaniora dengan disiplin ilmu-ilmu agama sangat merugikan kelangsungan dinamika dan perkembangan epistemologi. Hal ini disebabkan karena dikotomi tersebut akan melahirkan kelas disiplin keilmuan, paling tidak diantara dua paradigma keilmuan yang berbeda tersebut. Dan pada gilirannya akan melahirkan posisi disiplin yang diangap ordinat dan subordinat, atau bahkan dua paradigma yang berposisi biner berhadap-hadapan dan saling tuding-menuding, yang bermuara pada anomali diantara paradigma yang seharusnya saling menjabarkan. Persoalan yang krusial dan saling tumpang tindih ini sebenarnya terletak pada proses dialektika yang tersumbat. Kran dialketika tersebut bisa saja terjembatani misalnya dengan menggagas konsep pembelajaran lintas disipliner pada tataran operasional pendidikan. Paling tidak, konsep pembelajaran lintas disiplineri akan banyak berperan menggeser posisi biner antar dua paradigma keilmuan, menjadi lebih.........yo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain