Artikel
Pendidikan agama Islam berbasis transpersonal : suatu pendekatan psikologi transpersonal /
Hingga kini, mata pelajaran agama Islam telah dan sedang mengalami permasalahan dalam hal penyajian kepada siswa. Yang sering kita jumpai dalam praktik-praktik pendidikan adalah bahwa guru hanya berperan untuk membangun intelektual siswa. Sedangkan sisi psikis dan psiko-spiritual siswa sangat jarang diperhatikan. Akibatnya, siswa hanya tahu agama tapi tak mampu mengamalkannya. Tulisan ini akan mengetengahkan teori tentang psikologi transpersonal dan penerapannya dalam pembelajaran pendidikan agama dalam kerangka memberikan perhatian yang sungguh-sungguh pada pembinaan aspek afektif. Kajian dalam tulsan ini didasarkan pada pendekatan hermeneutik fenomenologis. meskipun eksposisinya sangat sederhana. Penulis mencoba mempersepsi realitas yang tejadi dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dipahami. dopink.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain