Artikel
Otoritas guru dalam konteks pendidikan kritis di SMA Negeri Kota Padang :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fenomena interaksi belajar mengajar di sekolah dengan sudut tinjauan pendidikan kritis. Subjek penelitian adalah guru-guru SMAN di kota Padang yang terdiri dari guru PKN dan Sosiologi. Untuk setting penelitian dipilih 6 SMAN yaitu SMAN 1 dan SMAN 2 Padang mewakili sekolah unggul, SMAN 3 dan SMAN 5 mewakili sekolah pra unggul, dan SMAN 7 dengan SMAN 12 mewakili sekolah kategori biasa. Dari enam sekolah tersebut dipilih masing-masing 1 guru PKn dan 1 guru sosiologi. Aspek yang diamati dalam penelitian ini adalah pola interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk menganalisis interaksi tersebut digunakan pendekatan analisis wacana kritis dari Fairclough, khususnya mengenai kontrol interaksi [Interactional Control Feature]. Kerangka teori yang digunakan adalah teori otoritas dari John Wilson yang menyoroti penggunaan otoritas guru dalam kelas. Dari hasil pengamatan ini ditemukan bahwa interaksi guru siswa yang ada....ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain