Artikel
Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia : kebijakan, dimensi, proses, dan indikator pencapaiannya /
Peningkatan mutu pendidikan pada hakikatnya merupakan tugas konstitusional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, perlu didukung dengan kebijakan dan program yang realistik, kontribusi pemikiran yang konstruktif, dan advokasi secara proaktif dan bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa. Mutu pendidikan selain bisa dijustifikasi keberhasilannya dengan menggunakan parameter hasil belajar seperti Ujian Nasional, dapat juga dengan keberhasilan peningkatan kualitas faktor atau variabel lainnya yang saling ketergantungan dan terkait secara erat dalam proses pendidikan. Secara umum, mutu pendidikan di Indonesia masih dalam tahapan yang belum memuaskan semua pihak, apalagi jika dibandingkan dengan mutu pendidikan negara lainnya terutama dengan negara-negara anggota Organization for Economic and Cooperation Development [OECD]. Departemen Pendidikan Nasional telah mengakomodasi peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas dalam ....ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain