Artikel
Keefektifan instrumen tes ujian akhir IPS bagi anak tunarungu di sekolah luar biasa bagian B :
Tes sebagai piranti ukur yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena merupakan alat untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. Tes yang dipergunakan harus sesuai dengan karakteristik anak, sehingga dapat mengukur kemampuan anak yang sesungguhnya. Saat ini mengukur prestasi belajar tahap akhir di SLB-B digunakan butir soal untuk anak SD biasa meskipun mereka mempunyai kemampuan berbahasa yang berbeda. Masalahnya bagaimana menyusun tes ujian akhir IPS untuk anak tunarungu yang terbatas kosa katanya, sehingga dapat mengungkap kemampuan anak yang sebenarnya dibandingkan dengan tes ujian akhir IPS SD yang selama ini digunakan?Responden penelitian yaitu siswa SLB-B Santi Rama I Jakarta dan SLB-B Karya Mulya I Surabaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyusunan tes ujian akhir IPS disusun berdasarkan karakteristik anak tunarungu hasilnya lebih baik dibandingkan dengan tes ujian akhir IPS SD. Oleh karena itu butir soal disusun dengan kalimat sederhana dan tes berbentuk...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain