Artikel
Layanan pendidikan anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar melalui model akomodasi pembelajaran :
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan model layanan berupa akomodasi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru bagi anak berkesulitan belajar [ABB] tanpa mengabaikan anak-anak yang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan riset dan pengembangan [research and development]. Subyek penelitian adalah ABB di salah satu SD swasta di yogyakarta dan empat guru bidang studi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rating scale, sosiometri, catatan observasi dan panduan interviu. Analisis data kuantitatif digunakan uji t untuk mengetahui perbedaan dan dipertajam dengan statistik deskriptif, yaitu : persentase. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahea : 1)penerapan akomodasi selama ini belum memadai untuk menjangkau kebutuhan ABB; 2)model akomodasi pembelajaran secara umum mencakup 4 hal, yaitu: materi dan cara pengajaran, tugas dan penilaian di kelas, tuntutan waktu dan penjadwalan, ...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain