Artikel
Peningkatan kreativitas dan hasil belajar sejarah Indonesia kuno melalui optimalisasi model pemecahan masalah kreatif dalam Proses Belajar Mengajar [PBM] di Prodik SEjarah FKIP - UNS :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa tentang sejarah Indonesia luno melalui optimalisasi model pemecahan masalah kreatif dalam pembelajaran di Program studi Pendidikan SejarahFKIP UNS. Metode penelitian menggunakan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian meliputi mahasiswa program Studi Pendidikan Sejarah yang menempuh mata kuliah Sejarah Indonesia kuno, dengan obyek penelitian : aktivitas menagajar dosen, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian ini dilaksanakan melalui partisipatif kolaboratif antara dosen pengampu, dosen pendamping [peneliti], dan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan proses pengkajian berdaur yang meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 sebagai implementasi tindakan dan siklus 2 sebagai perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari satu siklus ke siklus...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain