Artikel
Implementasi model pembelajaran IPS terpadu : suatu studi evaluatif di SMP kota Surakarta /
Penelitian ini bertujuan untuk : 1)mengetahui implementasi model pembelajaran IPS Terpadu di SMP Kota Surakarta; 2)mengindentifikasi faktor-faktor penghambat, dan 3)mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru IPS dalam meningkatkan profesionalisme. Penelitian ini merupakan studi evaluasi dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian cenderung menggunakan studi kasus tunggal. Subyek penelitian, yaitu guru-guru IPS di SMP/MTs Kota Surakarta. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan, yaitu: wawancara, observasi, dan mencatat arsip serta dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)dalam implementasinya pembelajaran IPS di SMP/Mts masih terdapat banyak perbedaan. ada yang melaksanakan pembelajaran IPS terpadu secara penuh, setengah terpadu, dan tidak terpadu; 2)hambatan yang dihadapi, antara lain: a)kurang pemahaman/penguasaan terhadap materi di luar bidangnya; b)kurangnya pengetahuan dan pemahaman model-model pembelajaran IPS terpadu;...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain