Artikel
Rintisan pengembangan pendidikan karakter di satuan pendidikan :
Studi ini menggambarkan model pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan rintisan tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum. Studi berbentuk kajian deskriptif dengan analisis wacana kritis, dimana data utama diolah berdasarka program kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan laporan hasil kegiatan di seluruh satuan pendidikan rintisan implementasi karakter bangsa. Informasi dikumpulkan melalui berbagai sumber seperti dokumentasi, fokus grup diskusi, dan keterlibatan langsung peneliti dalam kegiatan rintisan. Teknik analisis data yang dipergunakan, yaitu deskripsi, dan interpretasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa satuan pendidikan rintisan umumnya berhasil menerapkan nilai-nilai karakter yang dapat diamati secara kasat mata langsung [tangible] seperti religius, peduli lingkungan [bersih, rapi, aman, nyaman, indah, teduh dan sejuk], disiplin, empati, kerja sama, sopan santun, ramah senyum salam, dan sapa. Keberhasilan tersebut diperoleh dari adanya...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain