Artikel
Pengembangan Model pelatihan guru sekolah Menegah Kajuruan kelompok Seni dan Budaya.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menemukan model pelatihan yang efektif dan dapat diterapkan pada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) guru produktif sekolah menengah kejuruan kelompok seni dan budayah. Metode penelitian menggunakan Reserch and Development (R&D). Desain penelitian menerapkan model "postestonly with comparison group design", Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda, analisis statistik dan analisis deskriptif. Aspek-aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaa pelatihan, yaitu kualitas: 1) nara sumber; 2) program; 3) fasilitas akademik; 4) fasilitas penunjang; dan 5 pelayanan. Peneliti ini menghasilkan model pelatihan open design,. Model pelatihan open design menekankan pada peningkatan krteativitas, menumbuhkan ekpresi, menajamkan sensivitas, dan mengemgangkan inovasi. Simpulan penelitihan ini yaitu dengan menggunakan model pelatihan open design terbukti dapat meningkatkan kualitas penguasaan kompetensi, kualitas karya, seni dan budaya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain