Artikel
Ketercapaian pendidikan dasar dan menegah berdasarkan Misi pendidikan SK: Kasus Kabupaten Nabire, propinsi papua tahun 2010/2011
Tujuan analisis ini, yaitu untuk mengkaji hasil indikator pendidikan dan sejauh mana ketercapaian pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Nabire, Papua berdasarkan misi pendidikan, yaitu: katersediaan; katerjangkauan; kualitas; kesetaraan; dan kepastiaan memperoleh layanan pendidikan (SK). Hasilnya menunjukkan bahwa misi ketersediaan mencapai sebesar 90,73% termasuk kategori utama; misi katerjangkauan mencapai sebeesar 89,94, termasuk kategori madya; misi kualitas mencapai sebesar 64,95 termasuk kategori kurang, misi kesetaraan mencapai sebesar 90,51 termasuk kategori Utama; sedangkan misi kepastian memperoleh layanan pendidikan mencapai sebesar 98,13, termasuk kategori paripurna. Namun bila dilihat menurut satuan pendidikan SD,SMP, dan SM tercapai masing-masingsebesar 88,61. 86,28. 85,25 termasuk kategori madya. Dapat dikatakan bahwa ketercapaian dikdasmen kabupaten Nabire mencapai 86,85 termasuk kategori madya. sekalipun demikian, perlu dilakukan pembenahan pada misi kualitas, karena hasil SD, SMP, dan SM sebesar 64,95 termasuk kurang, Untuk SD perlu ditingkatkan peresentase guru yang layak, ruang kelas baik, dan ketersediaan perpustakaan. Untuk SMP, perlu ditingkatkan presentase guru layak mengajar, angka lulusan, presentase ketersediaan perpustakaan, ruang komputer, dan laboratorium sedangkan untuk SMA perlu ditingkatkan angka lulusan, persentase ketersediaan ruang kelas baik, ruang komputer, da, laboratorium.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain