Artikel
Teknik Permainan Harta Karun untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 1 Tlogopatut Gresik.
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang masuk kelas I di SDN I Tlogopatut Gresik rata-rata belum bisa membaca. Kemampuan mereka hanya sebatas membaca satu suku kata yaitu ba, bi, bu, be, bo sampai za,zi,zu,ze dan zo. Seperti dikaetahui bahwa keterampilan membaca suatu teks, bahasa indonesia adalah hal yang paling penting untuk memahami materi pelajaran yang lain. karena hal itulah maka diperlukan adanya suatu metode pembelajaran membaca yang tepat dan menarik. Salah satu metode pembelajaran membaca yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca ABK adalah metode pengelompokan kata dengan teknik permainan harta karun. Metode ini dapat digunakan karena menurut hasil dari penelitian yang dilakukan pada ABK di SD I Tlogopatut Gresik menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap tahap. Dalam tahap pratindakan yang yang berupa pretest diperoleh hasil bahwa kemampuan membaca mereka hanya satu suku kata saja yaitu ba,bi,bu,be,bo sampai za,zi,zu,ze dan zo. sehingga ketuntasan belajar membacanya hanya 0%. Setelah diberikan metode pengelompokan kata dengan teknik permainan harta karun pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II menjadi 85,71% yaitu ABK di SDN I Tlogopatut dapat membaca suatu tek bahasa Indonesia. Dengan adanya data yang menunjukkan peningkatan keterampilan membaca pada ABK maka sebaiknya guru pendamping khusus menggunakan metode untuk mengajarkan keterampilan membaca bagi anak berkebutuhan khusus yang belum dapat membaca menjadi dapat membaca suatu teks bahasa Indonesia.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain