Artikel
Kurikulum pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun :
Ibnu Khaldun memandang bahwa perkembangan dan kemajuan peradaban. Tujuan pendidikan Islam menurutnya adalah meningkatkan kualitas hidup, kualitas iman dan ketaatan, kualitas nalar, kualitas moral dan kualitas kerja. Konsep Ibnu Khaldun tentang kurikulum dapat dilihat dari apresiasinya terhadap ragam ilmu yang menjadi sarana pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dari konsep epistemologinya, ia membagi menjadi ilmu-ilmu yang berdasarkan otoritas syari'at [al ulum al shar'iyyah al naqliyyah] dan ilmu pengetahuan filosofis yang bersifat alami dan diperoleh manusia dengan kemampuan pikirnya [al 'ulum al 'aqliyyah]. Kurikulum yang dipandang baik untuk mencapai tujuan pendidikan Islam adalah yang bersifat integratif dan komprehensif antara ilmu-ilmu yang bersifat naqliyyah dan aqliyyah dengan memperhatikan landasan normativitas, historisitas, filosofis, dan sosiologisnya.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain