Artikel
Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar kimia siswa SMA :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2X2 dengan sampel 60 siswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis untuk tes kemampuan kimia dan tes kecerdasan interpersonal. Hasil penelitian ini adalah : 1)hasil belajar yang menggunakan model TPS [Team Pair Share] lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model TAI [Team Assisted Individualization]; 2)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif, kecerdasan interpersonal dan hasil belajar siswa; 3)hasil belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi dengan menggunakan model TPS lebih tinggi dari pada yang menggunakan model TAI; 4)hasil belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal rendah dengan menggunakan model TAI lebih tinggi daripada yang menggunakan model TPS.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain