Skripsi
Fa'aliyah istikhdam al film kusilah al san'iyah al bashariyah" nhw tarqiyah maharah al istima' li thulab al fashl al hadi 'asyar bi al Madrasah al 'Aliyah "Tanada" Waru Sidoarjo/Maziatul Faridah; Eni Purwati"
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyimak pada mata pelajaran bahasa arab, pembelajaran masih menggunakan metode yang kurang efektif jika digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab atau Bahasa Asing. Sehingga metode yang digunakan cenderung monoton dan membuat siswa menjadi malas dalam mempelajari bahasa arab. Kurang efektifnya metode yang digunakan guru mata pelajaran bahasa arab karena metode yang digunakan guru cenderung aktif dalam proses pembelajaran di kelas daripada murid. Sehingga materi yang disampaikan oleh guru kurang maksimal diterima oleh siswa dikarenakan metode yang digunakan cenderung monoton dan membuat siswa malas, selain itu guru kurang bisa memanfaatkan media pembelajaran dan menjadikan proses pembelajaran kurang menyenangkan dan bervariasi. rnDalam pembahasan ini akan lebih ditekankan tentang pembahasan media film. Dimana media film merupakan bagian dari media pembelajaran, sehingga diharap para siswa dapat lebih mudah menangkap materi pembelajaran yang disampaikan lewat pemutaran film tersebut. Film menarik sekali digunakan sebagai alat pengajaran dan hendaknya mendapat perhatian yang lebih banyak. Film juga bersifat edukatif yang mampu menghibur sehingga dapat dengan mudah menyampaikam materi pelajaran kepada siswa secara baik. rn Penelitian ini di lakukan di Madrasah Aliyah Tanada Waru- Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitihan kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 30 siswa. metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya data yang di peroleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus uji T.rnHasil penelitian menunjukkan prestasi nilai siswa sebelum penggunaan media film rata-rata sebesar 65,8. Dan prestasi nilai siswa sesudah penggunaan media film rata-rata sebesar 78,3, dan ni;ai perbandingannya adalah 12,5 dengan ini menunjukkan bahwa terdapat efektifitas yang bagus dalam penggunaan media pembelajaran film. Dengan nilai tersebut menunjukkan bahwa penerapan media film untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas XI di Madrasah Aliyah Tanada Waru- Sidoarjo terdapat efektifitas yang bagus jika dilihat dari hasil perhitungan uji T, diperoleh to sebesar 9,62 angka ini jauh lebih besar dibandingkan tt pada taraf 5% yaitu 2,042 dan taraf 1% 2,042 (2,042 2,042).rn
T-2013/PBA/031 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain