Skripsi
Analisis sistem marketing terhadap peningkatan jumalah calon anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo dalam perspektif ekonomi Islam
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana manajemen dan strategi marketing di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo, dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanakan marketing di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo. rnMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dengan pihak BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo. rnHasil penelitian menyimpulkan bahwa ada beberapa manajemen dan strategi marketing yang dilakukan oleh pihak BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo untuk meningkatkan jumlah calon anggotanya. Manajemen yang digunakan di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo adalah, pertama, bertindak jujur, amanah dan profesional. Kedua, merumuskan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dengan efektif. Ketiga, melakukan pengawasan secararnlangsung, agar tidak terjadi kekeliruan. Adapun strategi yang dilakukan BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo adalah, pertama, memberikan pelayanan yang ramah, mudah dan cepat karena dengan pelayanan yang ramah, mudah dan cepat masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Memberikan sikap yang ramah pada masyarakat membuat masyarakat merasa dihormati dan dihargai. Sehingga dengan begitu masyarakat akan mudahrntertarik untuk menjadi anggota/calon anggota di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo.rnKedua, Jemput Bola (Pick-Up Service) yaitu petugas langsung mendatangi masyarakat dan menjelaskan mengenai konsep keuangan syariah serta sistem dan prosedur operasional BMT,selain itu juga layanan tersebut diberikan kepada nasabah yang ingin dananya diambil langsung tidak perlu nasabah datang ke kantor. Ketiga, melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan dan masjid. Dengan adanya lembaga BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo dapatrnmenjadi solusi bagi permasalahan perekonomian masyarakat Sidoarjo khususnya kalangan menengah ke bawah. Masyarakat Sidoarjo dapat meminjam uang pada BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo tanpa bunga namun ada bagi hasil yang diberikan yang jumlahnya ditentukan sesuai dengan kesepakatan di awal. rnDari hasil penelitian di lapangan, keberhasilan pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo dalam upaya meningkatkan jumlah calon anggota tidak terlepas dari manajemen dan strategi marketing yang diterapkannya. Selain itu juga ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan marketingnya, diantaranya adalah komunikasi, kurang ketertarikannya masyarakat dalam menabung, dan rendahnya SDM karyawan di BMT. rnSejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo disarankan : Pertama, hendaknya lebih meningkatkan SDM karyawannya, agar bisa lebih efektif dalam menjalankan strategi marketingnya. Kedua, hendaknya lebihrnmeningkatkan strategi marketing pada masyarakat Sidoarjo agar masyarakat semakin paham dan mengerti tentang BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo yang berprinsip syariah, sehingga akan semakin banyak masyarakat yang akan menjadi calon anggota di BMT.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain