Skripsi
Pengaruh Bimbingan dan konseling islam terhadap peningkatan moral siswa kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo
Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo? (2) Seberapa jauh Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo? rnUntuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif yang berguna untuk memeriksa fakta dan data mengenai Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo. rnAdapun indikator dari masing-masing variabel adalah (1) Variabel Bimbingan dan Konseling Islam meliputi, Pemahaman diri, Kedisiplinan, dan Keaktifan. (2) Adapun indikator variabel Moral adalah Moral kepada Allah SWT / Rasuluallah SAW, Moral bermasyarakat, Moral Kepada makhluk lain/lingkungan, Moral terhadap diri sendiri, dan Moral kepada Negara. rnSubyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode berupa instrumen, khususnya angket. rnAdapun pengujiannya menggunakan rumus uji-T (paired-sampel T- test). Langkah yang diambil setelah itu adalah melihat ada tidaknya Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas XI MA NU Walisongo. Dengan melihat hasil uji menunjukkan bahwa korelasi adalah 0,662 > 0,000. Nilai korelasi lebih besar dari pada nilai Sig, hal ini menunjukkan rnadanya Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas XI MA NU Walisongo Sidoarjo adalah Cukup.
D-2013/BKI/018 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain