Skripsi
Strategi penanganan anak jalanan dan termarginalkan melalui pendampingan oleh komunitas save street child Surabaya
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pendampingan yang dilakukan oleh komunitas Save Street Child Surabaya terhadap anak jalanan dan termarjinalkan, 2) Bagaimana pengaruh pendampingan oleh komunitas Save Street Child Surabaya terhadap anak jalanan?. Untuk menjawab itu semua peneliti menggunakan pendekatan pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial. rnDalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif secara observatif dan melakukan wawancara terhadap beberapa pengajar dan anak jalan. Pendampingan yang dilakukan oleh komunitas SSCS meliputi bidang pendidikan dan kesehatan. Selama dua tahun komunitas SSCS berdiri, hampir selama itu pula pendampingan anak jalanan dan margina dilakukan. rnSampai saat ini anak jalanan yang masuk dalam daftar damping komunitas SSCS ada sekitar 150 anak. Program yang dilakukan adalah Pengajar Keren (belajar) dan telah melakukan salah satu intervensi dalam penanganan masalah fungsi sosial. rnSeperti diketahui, anak jalanan dan marginal merupakan seseorang yang tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya dengan baik. Mereka yang masih anak-anak,membutuhkan pendidikan yang layak, penghidupan yang layah harus bertarung melawan kejamnya dunia jalanan untuk bertahan hidup. Intervensi yang dilakukan rnadalah penyediaan layanan pendidikan (belajar) dan intervensi melalui individu dan lingkungannya. Pendekatan yang dilakukan oleh SSCS berhasil dilihat dari minat dan motivasi anak jalanan yang tinggi dalam menjalani proses belajar. Mengingat mereka rnyang setiap hari harus berkutat di jalanan yang otomatis tebentuknya mindset untuk mengabaikan pendidikan. Sejauh ini, proses yang dilakukan meskipun tidak mengentaskan anak jalanan dari jalanan, namun mereka dapat memiliki bekal dan keberanian untuk menatap masa depan.
D-2013/PMI/035 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain