Skripsi
Peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode pemberian hadiah(reward) kelas IV pada mata pelajaran fikih materi shalat Id MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik
Mata pelajaran fikih berperan dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan ibadah yang merupakan hukum Islam utamanya tentang shalat Id, untuk itu diperlukan motivasi belajar yang tinggi dalam mempelajari fikih. Akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung menunjukkan bahwa sebanyak 64% dari jumlah siswa memiliki motivasi belajar kategori kurang, rendahnya motivasi belajar ini disebabkan karena guru kurang memberikan variasi metode kepada siswa, berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan pengajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pemberian hadiah(reward)rnRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pemberian hadiah (reward)dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat Id kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik, (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat Id Kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik setelah belajar dengan menggunakan metode pemberian hadiah (reward).rnPeningkatan motivasi belajar dalam PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus Idan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subyek penelitianya adalah siswa kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif rnHasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan motivasi belajar kategori baik 36% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Siswa dapat memahami dengan baik metode reward. Siswa lebih bersemangat dalam belajar, ulet dalam menghadapi kesulitan serta dapat mempraktekkan materi shalat Id dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dapat disimpulkan metode pemberian hadiah (reward) dapat meningkatkan motivasi belajar fikih siswa materi shalat Id pada kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresikrn
T-2013/PGMI/108 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain