Skripsi
Analisis kurikulum: Studi komparasi terhadap kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
Penelitian dalam skripsi ini mengakat tentang permasalahan kebijakan pemerintah terhadap perubahan kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dinilai sudah tidak lagi relevan dengan kebutuhan generasi muda bangsa, selain itu pemerintah memandang perlu mengembangkan Kurikulum yang telah ada dengan Kurikulum yang baru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah melakukan analisis terhadap kurikulum baru, sehingga dalam penelitian ini rumusan masalah yang muncul adalah Mengapa KTSP perlu disempurnakan dan diganti dengan kurikulum yang baru rn(kurikulum 2013)?, Bagaimana implikasi perubahan kurikulum 2013 terhadap dunia pendidikan? Dan Bagaimana komparasi kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013? Penelitihan sekripsi ini adalah studi pustaka (library research), sebab sumber data yang digunakan secara keseluruhan berasal dari perpustakaan atau dokumentatif. Sementara pendekatan penelitihan yang penulis pakai adalah dengan rnmenggunakan pendekatan deskriptif analitis. Proses analisis data dalam penelitihan ini menggunakan instrument analisis deduktif dan content analysis atau analisis isi. Kurikulum yang notebane-nya merupakan ruh dari pendidikan seharusnya mampu menjembatani pendidikan untuk sampai pada tujuannya, baik dalam wilayah mikro maupun makro. Mengingat akan pentingnya kurikulum inilah kemudian pemerintah melakukan pengembangan terhadap kurikulum yang telah ada, dengan mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), yang kemudian kurikulum baru terebut diberi nama dengan istilah Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum baru mempersiapkan generasi yang mampu mengahadi tantangan masa depan yang bersifat dinamis, rnMelalui kurikulum 2013 ini pemerintah berusaha untuk menguatkan kembali karakter bangsa. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang terintegrasi, maksudnya kurikulum yang dapat mengintegrasikan skill, themes, concepts, and topics baik dalam bentuk within singel disciplines, across several disciplines and within and rnacross learners.
T-2013/PAI/125 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain