Skripsi
Pola integrasi pendidikan karakter dalam manajemen kelas: Studi analisis kebijakan pendidikan karakter Kementerian Pendidikan Nasional RI
Dalam upaya membangun dan mengembangkan karakter peserta didik di sekolah. Penerapan pendidikan karakter, perlu dilakukan secara komprehensif dalam semua aspek proses kegiatan peserta didik. Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan manajerial dalam mengelola kelas. Kemampuan ini membekali guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengajar dan pendidik. Manajemen kelas merupakan usaha sadar mengatur kegiatan proses pembelajaran secara sistematis yang mengarah pada penyiapan sarana, pengaturan ruang belajar, pengelolaan tingkah laku peserta didik, menciptakan situasi dan kondisi kelas yang nyaman agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.rnManajemen kelas merupakan seperangkat kegiatan yang mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dan mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan. Manajemen kelas yang dapat mendukung implementasi pendidikan karakter sebaiknya memenuhi prinsip-prinsip pendidikan karakter, diantaranya adalah: menggunakan pendekatan yang tajam, proaktif dan efektif, penuh itegritas, interaktif, inspiratif, menantang dan menyenangkan. rnPola integrasi pendidikan karakter dalam manajemen kelas dapat dilakukan melalui langkah-langkah menentukan pendekatan, mengidentifikasi butir-butir atau 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan, mendeskripsikan aspek-aspek manajemen kelas, kemudian mengintegrasikan butir-butir 18 nilai pendidikan karakter tersebut ke dalam aspek-aspek manajemen kelas, setelah itu melaksanakan dalam praktek dan mengevaluasi hasil pencapainnya.rnrnJenis penelitian Library research. Menanamkan karakter kepada peserta didik, yaitu dengan cara menggabungkan, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter (Religius, toleransi, disiplin, tanggung jawab, dll.) dalam aspek-aspek manajemen kelas (Peraturan kelas, prosedur kelas, komunikasi kelas, penghargaan dan konsekuensi logis, dan lain-lain), sehingga manajemen kelas menjadi sarana untuk menanamkan karakter kepada peserta didik.rn
T-2013/PAI/195 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain