Skripsi
Hubungan antara penerapan teknik membaca cepat dengan kemampuan siswa dalam membacal al-Qur'an di MI Sabilal Muttaqin Surabaya
Membaca salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat rnreseptif, karna membaca seorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, dengan demikian kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat diperlukan oleh siapa pun yang ingin maju dan meningkatkan diri, pembelajaran membaca memang mempunyai peranan penting, sebab melalui pembelajaran membaca guru dapat mengembangkan nilai nilai moral. rnMembaca cepat merupakan suatu cara menelusuri bahan halaman buku atau bacaan secara singkat, tidak banyak waktu yang terbuang karna tidak perlu memprhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana penerapan teknik membaca cepat di Mi Sabilal Muttaqin ? Bagaimana kemampuan siswa Mi Sabilal Muttaqin dalam membaca al-Qur'an? Bagaimana hubungan antar tehnik membaca cepat dengan kemampuan siswa dalam membaca di Mi Sabilal Muttaqin. rnUntuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bebrapa metode antara lain : Metode observasi, interview, tes dan dokumentasi, adapun alat teknis yang di gunakan adalah teknik analisis kuantitatif, prosentase dengan teknik analisis statistic uji thitung. rnHasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh penerapan teknik membaca cepat untuk pembelajaran al-Qur'an MI Sabilal Muttaqin Surabaya, hal ini berdasarkan dari hasil analisis yang di peroleh t, yaitu 3,390 tabel nilai thitung. Pada taraf signifikan 5% adalah 2,390. Sedangkan pada taraf 1% adalah 2,861 dari hasil konsultasi tersebut dapat diketahui bahwasanya thitung. Lebih besar dari ttabel, baik pada taraf signifikan 5% rnmaupun 1%, jadi kesimpulannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga yang berlaku adalah hipotesa yang berbunyi ada pengaruh penerapan tehnik membaca cepat untuk pembelajaran Al-rnSabilal Muttaqin Surabaya.
T-2013/PAI/218 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain