Skripsi
Pandangan siswa tentang konsep pluralisme rnKH.Abdurrahman Wahid: Studi kasus di SMA GIKI 2 Surabaya
Skripsi ini membahas tentang Pandangan Siswa Tentang Konsep Pluralisme K. H Abdurrahman Wahid (Studi Kasus di SMA GIKI 2 Surabaya). Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana konsep pluralisme K.H Abdurrahman Wahid?. Kedua, Bagaimana pandangan siswa tentang konsep pluralisme pemikiran rnK.H Abdurrahman Wahid (studi kasus di SMA GIKI 2 Surabaya)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: dokumen-dokumen atau transkip yang telah ada, Indepth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rnContent Analysis (analisis isi), yaitu upaya menafsirkan ide atau gagasan “pluralisme” dari seorang tokoh Gus Dur. Ide-ide tersebut dianalisa secara mendalam dan seksama guna memperoleh nilai rnpositif untuk meneliti pandangan siswa SMA GIKI 2 Surabaya tentang konsep pluralisme Gus Dur, yang didasarkan pada 15 key person. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data bahwa pandangan tentang konsep pluralisme Abdurrahman Wahid memperoleh respon positif dari siswa siswi SMA GIKI 2 Surabaya yaitu, konsep pribumisasi Islam, demokrasi dan HAM, pluralitas masyarakat, prinsip keadilan serta toleransi antar ummat beragama. Sehingga konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dapat diterapkan di sekolah tersebut. Dengan diterapkannya kelima konsep tersebut diharapkan dapat menciptakan rasa saling menghormati, menghargai sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pluralisme gus dur mengajarkan bahwa perbedaan agama bukanlah suatu halangan dalam menciptakan rnkeharmonisan dalam hubungan sesama manusia terutama dalam dunia pendidikan yang plural. Jadi, dengan adanya konsep pluralisme ini maka kita bisa menyikapi pluralitas masyarkat dengan perbedaan budaya, agama, etnik, bahasa, warna kulit dan idiologi-idiologi dari manusia satu dengan yang lainnya. Dari hasil penelitian di SMA Giki 2 Surabaya dapat disimpulkan dari kelima konsep Gusdur tersebut, yaitu: pribumisasi islam meperoleh tanggapan dapat rnmenciptakan kedamaian antar sesama umat manusia. konsep demokrasi, bisa memberi konstribusi bagi terwujudnya tata kehidupan sosial dan kemanusiaan yang lebih adil, demokratis dan sejahtera bagi semua, tanpa membedakan status perbedaan. rnKonsep pluralitas masyarakat. Tanggapan siswa dengan adanya konsep tersebut bahwa pluralisme bukanlah ancaman melainkan sebuah keniscayaan. Tetapi, pada hakikatnya pluralisme banyak memberikan nilai-nilai pendidikan dalam pluralisme. rnKonsep prinsip keadilan. Memperoleh tanggapan, bahwa prinsip keadilan wajib diterapkan, karena mereka sangat mengharapkan adanya perdamaiaan. Konsep yang kelima tentang toleransi antar ummat beragama, adapaun tanggapan siswa yaitu Pada dasarnya toleransi adalah suat sikap saling menghormati satu sama lain, tidak memaksakan kehendak masing-masing.
T-2013/PAI/153 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain