Skripsi
Pengaruh kebiasaan belajar tertib di rumah terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul ulum Becirongengor Wonoayu Sidoarjo
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa adalah melaksanakan kegiatan belajar tertib di rumah. Sebab di sini faktor keluarga merupakan salah satu faktor dalam membentuk kepribadian anak yang utama dan pertama, apalagi ditambah dengan adanya motivasi atau dorongan dari orang tua sejak kecil maka anak akan terbiasa melaksanakan apa-apa yang telah di didik oleh orang tuanya di masa kecil. Proses pencapaian prestasi belajar yang baik adalah dengan kegiatan-kegiatan yang sudah merupakan kebiasaan belajar yang ditanamkan melalui pengalaman belajar sehari-hari secara tertib. Tapi pada umumnya siswa dihinggapi penyakit malas ingin mencari mudahnya saja. Hal ini dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa mengalami kemunduran dan sekaligus prestasi menjadi rendah. Anak belajar tertib seharusnya pestasinya tinggi dan bisa lulus ujian Nasional. tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui ketertiban belajar siswa di rumh. 2)Untuk mengetahui Prestasi Belajar siswa pada bidang study Al-Qur’an Hadits rn3)Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar tertib di rumah terhadap prestasi siswa di MI Bahrul Ulum Becirongengor wonoayu Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, Dokumentasi, Observasi. rn Adapun hasil dalam penelitian ini adalah Bahwa Kebiasaan belajar tertib siswa di rumah di MI Bahrul Ulum Becirongengengor Wonoayu bila ditinjau dari hasil data angket adalah sebesar 51,72 %. Hasil tersebut ditafsirkan sesuai dengan hasil standar yang menempati posisi 40% - 70% yang berarti cukup baik. Bahwa Prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Becirongengor Wonoayu baik bila dilihat dari rata-rata nilai raport siswa adalah 79. Bahwa ada pengaruh kebiasaan belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar siswa MI Bahrul Ulum Becirongengor Wonoayu . Hal ini terbukti dari perhitungan product moment yakni 0.55 dan dengan demikian korelasi antara kebiasaan belajar tertib siswa terhadap prestasi belajar siswa MI Bahrul ulum Becirongengor adalah ‘’ cukup bailk ’’.rn
T-2013/PAI/129 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain