Skripsi
Konsep pendidikan Multikultural menurut H.A.R Tilaar dalam perspektif pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini ada tiga, pertama tentang konsep pendidikan multikultural menurut H.A.R Tilaar, kedua tentang konsep pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir, dan ketiga tentang pendidikan multikultural H.A.R Tilaar jika ditinjau dari perspektif pendidikan Islam Ahmad Tafsir Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research atau penelitian berbasis kepustakaan. Dengan metode analisis content atau isi, analisa historis dan analisis deskriptif. Dengan penelitian berbasis kepustakaan, maka pengumpulan data dilakukan dengan mengadaptasi berbagai catatan yang relevan dengan tema pembahasan baik dari buku, artikel, rnmajalah, surat kabar, prasasti, notulen rapat, catatan agenda, dan catatan-catatan lain dari media cetak maupun elektronik. rnMultikulturalisme yang sampai saat ini masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu dan tak begitu diperhatikan sehingga mengakibatkan banyaknya konflik-konflik antar suku maupun antar umat beragama yang terjadi dalam bangsa ini. Dominasi golongan atau kelompok tertentu dan diskriminasi terhadap golongan atau kelompok minoritas juga masih marak terjadi dimana-mana. Dalam rnhal penyelesaian untuk meredam konflik-konflik semacam ini juga sepertinya sama sekali belum menyentuh aspek-aspek yang sifatnya fundamental. Oleh karena itu, sebagai langkah preventif seharusnya terdapat suatu proses yang bertahap, berkelanjutan dan intensif, yakni melalui sebuah proses pendidikan yang dalam hal ini adalah pendidikan multikultural. rnDalam konteks keberagamaan, pendidikan Islam juga memiliki peran yang cukup vital dalam penyelenggaran pendidikan multikultural. Ini dikarenakan dalam tubuh Islam sendiri juga ternyata terdapat pluralitas dalam hal interpretasi ajaran-ajarannya, sehingga muncul banyak kelompok atau aliran (madzhab) yang sama-sama mengaku paling benar. Di Indonesia yang penduduknya mayoritas rnadalah beragama Islam, persoalan perbedaan paham ini rawan sekali rnmenimbulkan konflik-konflik dan tentunya merugikan negara. rnDengan demikian, Skripsi ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi pokok-pokok pemikiran dari H.A.R Tilaar dalam pandangannya mengenai pendidikan multikultural juga pemikiran Ahmad Tafsir berkenaan dengan pendidikan Islam. Kemudian alasan mengapa skripsi ini hanya terfokus untuk mengkaji pemikiran dari kedua tokoh ini saja adalah dikarenakan H.A.R Tilaar dan Ahmad Tafsir rnmerupakan pakar pendidikan yang cukup terkemuka dan dirasa penting untuk mengkomparasikan pemikiran dari kedua tokoh ini sesuai dengan konsentrasi keilmuan pendidikannya tersebut.
T-2013/PAI/076 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain