Skripsi
Hubungan metode diskusi dengan prestasib belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII Sukodono Sidoarjo.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana prestasi siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo; (2) Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTs Hasyim sy’ari Sukodono Sidoarjo (3) Adakah Hubungan Metode diskusi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo, penelitian dilaksanakan terhadap 96 siswaKelas VII A sebagaiKelasEksperimendanKelas VII B sebagaikelaskontrol. Adapunhipotesis yang diujiadalah ‘’ adaperbedaanprestasibelajar yang diajardenganmenggunakanmetodediskusisebagaistrategipembelajarandengansiswa yang diajarkantanpamenggunakanmetodediskusisebagaistrategipembelajarankelas VII padamatapelajaranFikih.rnTeknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitimeliputi: (1) interview dandokumentasidigunakanuntukmemperoleh data dangambaranumumobjekpenelitian (2) tesuntukmemperoleh data tentangprestasibelajarsiswa (3) observasiuntukmemperoleh data bagaimanakemampuan guru dalammengelolahpembelajarandenganmenerapkanmetodediskusisebagaistrategipembelajaran.rnAnalisis yang digunakanadalah (1) analisisdeskriptifmemgambarkanprestasibelajarsiswadenganmenerapkanmetodediskusidantanpamenerapkanmetodediskusi (2) analisis statistic memakaikorelasi product moment mencarirxyyaitukoefesienkorelasiantara variable x dengan variable y diujikanterhadap table nilai r product moment dengannilai N = 48. Hasilanalisis yang diperolehadalahrxy = 0,989055 kemudiandikonsultasikandalam r nilai product moment tarafsignifikan 1% = 0,368 dan 5 % = 0,284, jadirxydiperoleh 0,989055 makarxyatau r lebihbesardarinilai table product moment baiktarafskignifikan 1% maupun 5% halinimenunjukkanadanyaHubunganpositifmetodediskusidenganprestasibelajarsiswadibandingdengantanpamenerapkanmetodediskusi. Dengandemikianalangkahlebihbaikjika guru memperhatikanmetode yang terbaik agar prestasisiswabelajarlebihbaikdansuasanakelasakanmenjadilebihefektif. Hal inidijadikanmotivasibagi guru untukmengaplikasikanmetodediskusipada proses pembelajaranfikih. Untukmemperolehkesimpulanhendaknyadiadakanpenelitian yang samadengansubjek yang lebihbesarrn
T-2013/PAI/068 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain