Skripsi
Efektivitas pembelajaran PAI dengan menggunakan kitab kuning terhadap tingkat pemahaman siswa di SMA unggulan Amanatul Ummah Wonocolo-Surabaya
Seiring dengan berkembangnya zaman, dunia pendidikan dituntut untuk berbenah diri dengan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. tak terkecuali pendidikan agama Islam. Di bawah binaan Dinas Pendidikan Surabaya, SMA Unggulan Amanatul Ummah Wonocolo-Surabaya yang berbasis pesantren itu menggunakan kitab kuning sebagai media pembelajaran PAI.rnPembelajaran PAI dengan menggunakan kitab kuning adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan memaksimalkan belajar guna siswa mampu memahami materi yang disampaikan serta siswa dapat belajar dengan literatur kitab kuning tersebut secara langsung. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, diperlukan pembelajaran PAI dengan menggunakan kitab kuning yang efektif, khususnya pelajaran fiqih. Maka teknis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan dalam menganalisis data tentang pembelajaran PAI dengan menggunakan kitab kuning terhadap tingkat pemahaman siswa, penulis menggunakan menggunakan rumus prosentase dari hasil tabulasi angket. Dan analisis untuk efektivitas pembelajaran PAI dengan menggunakan kitab kuning terhadap tingkat pemahaman siswa, penulis menggunakan rumus test-t. rnBerdasarkan hasil penelitian, pelaksanakan pembelajaran PAI khususnya pelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning terhadap tingkat pemahaman siswa di SMA Unggulan Amanatul Ummah Wonocolo-Surabaya sudah baik dalam penerapannnya. Hal ini terbukti dari hasil tabulasi angket yang mayoritas menjawab A. ini menunjukkan dalam kategori baik. Penilaian terhadap kemampuan guru dan keaktifan siswa juga baik, hal ini terbukti dari observasi peneliti dalam mengikuti pembelajaran selama tiga kali. Sedangkan untuk hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran PAI khususnya pelajaran fiqih terhadap tingkat pemahaman siswa, hasilnya juga jauh lebih efektif. Hal ini terbukti dengan adanya pre-test dan post-test yang menunjukkan hasil perbandingan hasil post-test lebih besar daripada hasil pre-test dan itu menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran PAI khususnya pelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning terhadap tingkat pemahaman siswa jauh lebih efektif.rn
T-2013/PAI/093 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain