Skripsi
Pengaruh kurikulum muatan lokal terhadap karakter siswa di MTs NU Plus Berbek-Waru-Sidoarjo
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Reseacrh) tentang Pengaruh Kurikulum Muatan Lokal Terhadap Karakter Siswa Di Mts-Nu Plus Berbek-Waru Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana muatan lokal di MTs-NU Plus Berbek –Waru Sidoarjo, bagaimana karakter siswa di MTs-NU Plu Berbek Waru Sidoarjo dan bagaimana pengaruh muatan lokal washoya al-aba’ li al-abna dan ta’lim al muta’allim terhadap karakter siswa di MTs-NU Plus Berbek- Waru Sidoarjo. rnData penelitian ini diperoleh dari sekolah MTs. NU Plus Berbek Waru Sidoarjo yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi interview, angket, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakanrnmetode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode induktif, dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus yaitu tentang kurikulum muatan lokal dan karakter siswa di MTs-NU Plus Berbek –Waru Sidoarjo, kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat umum kaitannya dengan pengaruh muatan lokal washoya al-aba’ li al-abna’ dan ta’lim al muta’allim terhadap karakter siswa di MTs-NU Plus Berbek- Waru Sidoarjo serta ditarik kesimpulan. Pengakuan keberhasilan menyatakan bahwa kurikulum yang diterapkan di MTs. Nu Plus Waru Sidoarjo adalah kurikulum washoya al-aba’ lil abna’ dan ta’limul muta’allim Dimana kurikulum ini mengajarkan tentang akhlakul karimah dan akhlak yang tercela, baik hubungannya dengan Tuhan (hablun mina Allah) serta hubungannya dengan manusia (hablum mina annas). Sedangkan karakter siswa yang ada di sekolah MTs. NU Plus Berbek Waru Sidoarjo dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan yaitu rumah, dan masyaraka sekitar sehingga pembentukan karakter di sekolah sangat penting dengan mengajarkan kurikulum muatan lokal washoya al-aba’ lil abna’ dan ta’limul muta’allim yang memicu karakter siswa karena kurikulum ini mengajarkan tentang akhlak yang baik. rnHasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum muatan lokal dalam mater washoya al-aba’ lil abna’ dan ta’limul muta’allim dapat membentuk karakter siswa karena kurikulum yang diajarkan menjelaskan tentang perilaku dan akhlak yang terpuji baik berperilaku terhadap orang tua, guru, serta masyarakat lainnya. Oleh karena itu pembentukan karakter siswa bisa dibentuk dengan adanya pelajaran washoya al-aba’ li abna’ dan ta’limul muta’allim karena siswa bisa dapat dipengaruhi oleh beberapa fakto lingkungan sehingga yang dapat memicu pembentukan karakter salah satunya adalah lingkungan sekolah. rnSejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan antara lain: pertama bagi Sekolah MTs. NU Berbek Waru Sidoarjo hendaknya tetap menerapkan kurikulum muatan lokal yang berhubungan dengan akhlak yaitu perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Kedua bagi siswa MTs. NU Plus Berbek waru Sidoarjo hendak tetap berakhlakul karimah meskipun di pengaruhi oleh beberapa lingkungan tetap harus tetap berkrakter dan berakhlak yang terpuji, karena MTs NU Berbek Waru Sidoarjornadalah generasi penerus bangsa dan agama yang tetap menjalankan norma-norma hukum dan norma-norma agama.
T-2013/PAI/074 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain