Skripsi
Taghyirat al auzan al 'arudliyah fi nadhm al muwalladal dliya' al lami' li al Imam al Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim/ Muhammad Maftuh; Mas'an Hamid
ABSTRAKrnتغييرات الأوزان العروضيّة فى نظم المولد الضّياء اللّامع rnللإمام الحبيب عمر بن محمّد بن سالمrnPerubahan Irama Arudl pada nadham al-Dhiya’ul-Lami’rn karya Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim rnHabib umar bin Muhammad bin Salim Beliau dilahirkan sebelum fajar hari senin, 4 Muharram 1383 H / 27 Mei 1963M di Kota Tarim. Di kota yang penuh berkah inilah beliau tumbuh dan menerima didikan agama serta menghafal kitab suci al-Quran dalam keluarga yang terkenal iman, ilmu dan akhlak yang luhur. Guru pertamanya sudah tentu ayah beliau yaitu Habib Muhammad bin Salim yang juga merupakan Mufti Kota Tarim al-Ghanna itu. rnFokus permasalah yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah (i) Unsur-unsur arudl apa saja yang terdapat dalam nadham Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim ? (ii) Apa saja perubahan wazan arudl yang terjadi dalam nadham Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim?rnTujuan pembahasan ini adalah (i) untuk mengetahui wazan arudl yang ada pada nadham Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim; (ii) untuk mengetahui perubahan-perubahan dari segi arudl dalam nadham Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim.rnMetode pendekatan sastra yang digunakan dalam membahas permasalahan tersebut adalah pendekatan Instrinsik, yaitu menganalisis bait-bait nadham al-Dhiya’ul-Lami’, dari sisi irama (wazan).rnHasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa :rn1. Irama wazan arudl yang digunakan oleh Al-habib Umar bin Muhammad bin Salim dalam nadham yaitu bahar basith, auzaanul muwalladin, bahar rajaz sepertirnمستفعلن فاعلن فعولن # مستفعلن فاعلن فعولنrnمستفعلن مستفعلن مستفعلن # مستفعلن مستفعلن مستفعلنrnفاعلن فعلن فعولن # فاعلن فعلن فعولنrnrn2. Auzaanul muwalladin yaitu wazan yang banyak dipakai para penyair yang bukan keturunan bangsa Arab asli. rn3. Perubahan yang terjadi pada nadham al-Dhiya’ul-Lami’, yang pertama adalah Zihaf Mufrad (tunggal) terdiri dari: zihaf khaban, zihaf thayyu, zihaf ashab, zihaf waqash, zihaf aqal.rnYang ke dua yaitu illat, meliputi illat ziyadah: hanya ada illat tadzyil, dan illat Naqash terdiri dari: illat hadzaf, illat qathaf, illat qatha, illat qashar, illat batr, illat hadzadz, illat shalam, illat tasy’its.rnrn4. Dengan demikian, nadham al-Dhiya’ul-Lami’ yang berjumlah 155 bait dapat dikategorikan sebagai buah karya yang bernilai baik, meskipun tampak ada beberapa perubahan pada unsur lafal bait-baitnya, baik perubahan tersebut berupa zihaf (kecepatan irama) maupun illat (kecacatan irama).rn
A-2013/BSA/085 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain