Skripsi
Bimbingan dan konseling Islam dengan rational emotif teraphy dalam mengurangi persepsi negatif siswa terhadap konselor sekolah di SMA NU 1 model karanggeneng Lamongan: Studi kasus seorang siswa berpersepsi negatif.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk persepsi negatif siswa terhadap konselor sekolah di SMA NU 1 Model Karanggeneng Lamongan. (2) Bagaimana Proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotif Teraphy dalam Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Terhadap Konselor Sekolah di Sma NU 1 MODEL karanggeneng Lamongan (Studi kasus seorang siswa berpersepsi negatif. (3) Bagaimana hasil Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotif Teraphy dalam Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Terhadap Konselor Sekolah di Sma NU 1 MODEL karanggeneng Lamongan (Studi kasus seorang siswa berpersepsi negatif.rnDalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMA NU 1 Model Karanggeneng Lamongan. Adapun proses observasi, wawancara, dan dokumentasi melibatkan beberapa pihak di antaranya: konseli, teman dekat konseli, keluarga konseli dan konselor sekolah.rnHasil penelitian menunjukan masih ada seorang remaja atau siswa SMA yang selalu dihinggapi pikiran irrasional yaitu dia selalu mempunyai fikiran negatif terhadap konselor. Perasaan klien pada konselor tersebut karena bawaan waktu klien masih SMP, klien yang dulu sering melanggar aturan sekolah, siswa yang dulu sering berhadapan dengan konselor sekolah, siswa yang dulu sering dihukum sang konselor sekolah di SMP sehingga persepsi negatif ini terbawa sampai siswa masuk ke SMA. Setiap dia bertemu dengan konselor sekolahnya, ia selalu menghindar.rnDalam proses Bimbingan dan konseling islam, konselor mengarahkan dan memberi pemahaman pada klien atau siswa tersebut bahwah konselor sekolah bisa dijadikan sahabat kepercayaan, tempat mencurahkan isi hati dan fikiran, pemberi informasi, pembangun kekuatan dan pembina perilaku- perilaku positif yang dikehendaki sehingga siapapun yang berhubungan dengan bimbingan konseling akan memperoleh suasana sejuk dan memberi harapan.rnDalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses bimbingan dan konseling Islam yang terjadi menggunakan Rational Emotif Teraphy, dengan pendekatan ini bisa dikatakan cukup berhasil.rn
D-2013/BKI/036 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain