Skripsi
Penerapan metode role playing dalam meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI an-Nidzom Babadan Kunjang Kediri
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui keterampilan bercerita pada siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan metode Role Playing? (2) Untuk mengetahui penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI An Nidzom Babadan Kunjang Kediri? (3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan bercerita dengan metode Role Playing kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI An-Nidzom Babadan Kunjang Kediri?rnrnSubjek penelitian ini adalah: Guru kelas V dan Siswa kelas V. Data yang dikumpulkan Tes Keterampilan Bercerita, observasi aktifitas guru, observasi aktifitas siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskritif kualitatif dan kuantitatif.rnDari hasil pengamatan permasalahan yang ada di sekolah MI An-Nidzom Babadan Kunjang Kediri, yaitu bahwa melalui metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V MI An-Nidzom Babadan Kunjang Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas cukup baik dengan angka 73,6 dan prosentasi ketuntasanannya mencapai 84,8% besarnya prosentase ini sudah dikatakan baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,7 atau dapat dikategorikan sangat baik, begitu juga dengan prosentase belajar mencapai 96,9% dan angka tersebut termasuk kategori sangat baik. rn
T-2013/PGMI/015 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain