Skripsi
Pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Zainuddin Waru Sidoarjo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi pelajaran matematika, ditambah lagi orang tua menganggap bahwa pelajaran matematika dapat dijangkau oleh siswa yang mempunyai kemampuan lebih tinggi. Dalam hal ini kemampuan verbal dan kemampuan numerik sangat penting untuk mencapai prestasi tinggi. Dengan mengetahui kemampuan verbal dan kemampuan numerik siswa terhadap prestasi belajar, maka dapat ditetapkan langkah yang tepat.rnTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Zainuddin Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Zainuddin Waru. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling. Variabel penelitian terdiri atas kemampuan verbal dan kemampuan numerik sebagai variabel bebas. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda.rnBerdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan: (1) pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa dapat diterangkan oleh koefisien determinasi (R^2 )=0,8543 dalam artian ada pengaruh yang signifikan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 85,43% dengan persamaan regresinya Y ̂=65,7+0,299X_1+e. (2) pengaruh kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa dapat diterangkan oleh koefisien determinasi (R^2 )=0,81 dalam artian ada pengaruh yang signifikan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 81% dengan persamaan regresinya Y ̂=76,3+0,162X_2+e. (3) Sedangkan pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa diterangkan oleh koefisien determinasi (R^2 )=0,88 dalam artian ada pengaruh yang signifikan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 88% dengan persamaan regresinya Y ̂=66,9+0,2321X_1+0,0547X_2+e.rn
T-2013/PMT/058 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain