Skripsi
Pengembangan pembelajaran matematika dengan memasukkan nilai-nilai islami pada materi pokok bilangan bulat kelas IV MI Mambaul Ulum Terik Krian Sidoarjo
Matematika merupakan ilmu pengetahuan umum yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai seseorang. Hal itu karena matematika merupakan ilmu dasar yang tidak hanya mengajarkan angka dan jumlah, namun dalam proses pembelajarannya juga melatih kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, dan kritis yang berguna untuk mengasah kecerdasan intelektual. Mengingat manfaat pelajaran matematika yang sangat baik dan dibutuhkan dalam hidup sebagai salah satu ilmu dasar, maka pelajaran ini juga bisa menjadi sarana menanamkan nilai-nilai islami kepada peserta didik sejak dini di tengah pesatnya perkembangan zaman yang menyisakan dampak negatif yaitu dekadensi moral. Sehingga melalui pembelajaran matematika ini, peserta didik tidak hanya bisa mengasah kecerdasan intelektual, namun sekaligus mengasah kecerdasan spiritualnya. Dengan cara memasukkan nilai-nilai islami dalam pembelajaran matematika, hal itu juga dapat menjadikan matematika yang selama ini masih sering dianggap momok atau pelajaran yang sulit menjadi lebih mudah dipelajari dan menyenangkan, karena lebih dekat dengan yang dialami peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari, juga lebih bisa dipahami karena mampu menghadirkan contoh-contoh akhlak mulia yang telah sering diajarkan dalam keluarga dan di tengah kehidupan bermasyarakat.rnPerangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku ajar, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi bilangan bulat. Model penggembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yang dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas IV MI Mambaul Ulum Terik Krian Sidoarjo tahun ajaran 2013-2014. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, soal tes, dan lembar angket respon siswa.rnPengembangan perangkat pembelajaran telah memenuhi proses pengembangan 4-D Thiagarajan yang dibatasi hingga tahap Develop. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktid dan efektif. Kevalidan RPP sebesar 3,93, kevalidan buku ajar sebesar 3,65, dan kevalidan LKS sebesar 3,73. Perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif dikarenakan aktivitas guru sebesar 3,36, aktifitas aktif siswa sebanyak 63,33%, ketuntasan belajar siswa sebesar 77,78%, dan respon positif siswa sebesar 80,56%.rn
T-2013/PMT/050 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain