Skripsi
Peningkatan motivasi belajar siswa kelas I mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka melalui media papan magnet di MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo
Penelitian ini berangkat dari latar belakang Matematika yang membosankan, sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi pasif, ramai karena tidak menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas I MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka sebelum menngunakan media papan magnet, (2) Bagaimana penerapan media papan magnet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka, (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas I MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka melalui media papan magnet. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika sebelum menggunakan media papan magnet, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan media papan magnet, (3) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika melalui media papan magnet.rnPenelitian ini dilaksanakan di MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo pada Kelas I yang berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan penelitian data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. setiap siklus dilaksanakan melalui melalui 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, post test, dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70.rnDari hasil penelitian permasalahan yang ada di sekolah MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo, yaitu melalui media papan magnet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan dengan angket pra siklus skor perolehan 4,8 dengan persentase 48%, untuk siklus I angket motivasi skor perolehan 6,7 dengan persentase 67%. Sedangkan untuk siklus II angket motivasi dengan skor perolehan7,3 dengan persentase 73%.rn
T-2013/PGMI/112 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain