Buku
Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris menggunakan strategi KWL (knowing want to know learned) pada siswa kelas IV MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan bahwa di MI Ma’arif Pademonegoro masih terdapat kurang lebih 70% siswa di kelas IV yang masih kurang dalam keterampilan membaca dan memahami teks bahasa Inggris, sehingga banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditentukan sekolah. Hal tersebut disebabkan karena guru menggunakan metode yang monoton pada pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tersebut, maka peneliti mengambil tindakan untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL (Knowing Want to know Learned) pada materi giving clarification yang dilaksanakan pada dua siklus.rnPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang dalam setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi/tindakan (action), observasi (observation), dan releksi (reflection).rnTujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan strategi KWL yang baik terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris siswa kelas IV materi giving clarification di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono sidoarjo?, (2) Apakah melalui strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris siswa kelas IV materi giving clarification di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo?rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penggunaan strategi KWL pada peningkatan keterampilan membaca pemahman bahasa Inggris materi giving clarification berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 87,86% dan hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 89,6%. 2) Terdapat peningkatan terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Inggris materi giving clarification menggunakan strategi KWL pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Pademonegoro, peningkatan keteampilan membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan perolehan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 66,89 dengan prosentase sebesar 53,37%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 79,28 dengan prosentase 78,57%.rnrn
T-2013/PGMI/061 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain