Skripsi
Upaya meningkatkan hasil belajar al Qur’an Hadist materi tajwid kelas IV melalui metode card sort di SDI Roudhotul Ulum Surabaya
Latar belakang penelitian ini adalah metode ceramah masih digunakan dalam proses pembelajaran Al Qur’an Hadist sehingga hasil belajar siswa untuk materi tajwid bahasan ini sangat rendah. Dari 21 siswa, hanya 7 siswa (34%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 14 siswa (66%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui metode card sort yang dilakukan dua siklus.rn Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode card sort dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist pada siswa kelas IV SDI Roudhotul Ulum Surabaya. (2) Apakah dengan menggunakan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadist materi tajwid kelas IV di SDI Roudhotul Ulum Surabaya.rnAdapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui penerapan metode card sort dalam proses pembelajaran. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al Qur’an Hadist dengan menggunakan metode card sort.rnUntuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode card sort dalam materi tajwid berjalan dengan baik pada siklus I dan II sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu dari siklus I dan siklus II adalah 60% dan 82,66%. (2) Pembelajaran dengan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata nilai pada siklus I yaitu 69,76 dengan ketuntasan 62% menjadi rata-rata nilai 75,47 pada siklus II dengan ketuntasan 95,23%. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran pun mengalami peningkatan dari 64,44% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II. rn
T-2013/PGMI/095 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain