Skripsi
Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada materi dhorof makan siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Arab di SD Darul Ulum Bungurasih
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam proses rnpembelajaran Bahasa Arab yang selama ini peneliti temukan adalah siswa rnkurang semangat untuk mengikuti proses pembelajaran Bahasa Arab, kurang rnsenang mengikuti pelajaran tersebut karena mereka kurang memahami ilmu rnnahwu. Dari 17 siswa hanya 11 siswa yang berhasil (64,70%) sedangkan 6 rnsiswa (35,29%) yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah ini peneliti rnmenggunakan metode Mind Mapping Untuk meningkatkan hasil belajar rnsiswa. rn rn Rumusan masalah peneliti yaitu 1) bagaimana menerapkan metode rnMind Mapping dalam materi dhorof makan pada mata pelajaran bahasa arab rndi kelas IV SD DarulUlum Bungurasih ? 2) bagaimana peningkatan hasil rnbelajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih ? Tujuan penelitian ini rnadalah 1) untuk mengetahui metode Mind Mapping dalam materi Dhorof rnmakan pada mata pelajaran bahasa arab dikelas IVA di SD Darul Ulum rnbungurasih 2) mengetahui keberhasilan penggunaan metode Mind Mapping rndalam meningkatkan penguasaan belajar siswa pada pembelajaran bahasa rnarab kelas IVA di SD Darul Ulum bungurasih. rn rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian rntindakan kelas(PTK) yang digunakan 4 langkah yaitu perencanaan, rnpelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data rnpenelitian berupa wawancara, dokumentasi dan data hasil belajar yang rndiambil melalui tes akhir pada tiap siklus. Aktifitas siswa dan guru yang rndijaring melalui observasi/pengamatan oleh guru dan peneliti, untuk rnmengetahui tentang aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. rnData dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui rnpeningkatan hasil belajar siswa serta peningkatan siswa dan guru dalam rnproses pembelajaran pada siklus 1 ke siklus 2. Hasil dari penelitian pada rnpenelitian tindakan kelas keberhasilan yang dicapai siswa mulai dari siklus I rn(60,70), dan siklus ke II (82,35).
T-2013/PGMI/076 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain