Skripsi
Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode peta konsep pada siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Datinawong Babat Lamongan
Mata Pelajaran IPS adalah salah satu pelajaran yang memberikan wawasan pengetahuan luas tentang masyarakat setempat maupun masyarakat global agar bisa hidup bersama-sama dengan masyarakat lainnya. Mengingat pentingnya mata pelajaran IPS yang diajarkan di MI. Dalam hal ini penulis menemukan kekurangan yakni rendahnya daya serap siswa yang disebabkan dominannya proses pembelajaran yang konvensional, khususnya dalam materi kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan sumber daya alam pada kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Datinawong Babat Lamongan yang mempunyai rata-rata nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 75 yang sudah ditentukan sebelumnya. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan metode peta konsep. Dengan menggunakan metode peta konsep ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi dan lebih aktif di kelas. Maka ada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode peta konsep pada pembelajaran IPS siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Datinawong Babat Lamongan; (2) Apakah dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS di MI Raudlatul Muta’allimin Datinawong Babat Lamongan.rnJenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan ciri-ciri penelitian tindakan kelas yang berdaur dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.rnBerdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, penerapan metode Peta Konsep pada siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin telah dilaksanakan dan memperoleh hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat pada observasi dalam pelaksanaan metode peta konsep disetiap langkah-langkah dan sesuai dengan apa yang direncanakan. Kedua, metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin. Hal ini terbukti dari prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 55% meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II.rn
T-2013/PGMI/082 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain